Moalboal-Filipina

Moalboal-Filipina

0

Jelajahi Keindahan Bawah Laut Moalboal

Jika Anda mencari surga yang lebih indah dari pantai terkemuka Cebu seperti Malapascua dan Bantayan, mengapa tak coba menjelajahi selatan Cebu? Coba pertimbangkan Moalboal! Memang sih tempat ini bukan tandingan pantai-pantai tropis yang ada di Filipina, tapi permata sebenarnya Moalboal terbentang di bawahnya tempat ikan berwarna-warni dan kehidupan dasar laut yang sangat indah menanti Anda.

Moalboal terletak di barat daya Cebu. Anda membutuhkan waktu sekitar tiga jam dari Cebu City untuk menjangkau Moalboal. Jika berencana pulang-pergi, Anda bisa menaiki bus yang akan membawa Anda ke Moalboal di South Bus Terminal. Jika sudah sampai di sana, Anda bisa menginap di Panagsama Beach di Brgy. Basdiot, atau White Beach di Brgy.Basdako. Tenang saja, di tempat itu terhampar sejumlah pilihan resor yang bisa Anda pilih, mulai dari yang mahal sampai murah. Para pencinta pantai biasanya menginap di White Beach karena pasir putihnya yang lembut dan airnya yang berkikau kebiruan. Di sana juga terdapat toko-toko yang menjual berbagai peralatan menyelam.
Tuble Marine Sanctuary
Ada juga Panagsama Beach, yang dibanjiri dengan berbagai pilihan cottage dan resor. Panagsama Beach merupakan pilihan favorit di kalangan penduduk lokal untuk piknik keluarga dan karaoke. Panasagma juga termasuk tempat yang strategis untuk menjangkau lokasi snorkeling atau menyelam.
Anda juga bisa berkaraoke di Moalboal.Anda juga bisa berkaraoke di Moalboal.
Anda bisa saja snorkeling di dekat pantai, tapi agar mendapatkan pengalaman snorkeling yang tak terlupakan, sewalah sebuah kapal murah untuk membawa Anda ke suaka laut terdekat. Beberapa tempat paling terkenal yaitu Tongo dan Saavedra Sanctuary, tapi secara pribadi, Tuble Marine Sanctuary merupakan kesukaan saya. Perjalanan menggunakan kapal ke cagar alam tersebut hanya sebentar. Setibanya di sana Anda bisa menyaksikan ratusan ikan warna-warni dan jika beruntung Anda bisa melihat kura-kura juga!
Karang-karang indah dan sekumpulan ikan di Moalboal.
Dan, oh, apakah Anda pernah mendengarnya? Sardine run bisa Anda jumpai di Moalboal! Meskipun istilah asli “sardine run” merujuk kepada miliaran ikan sarden (atau pilchard Sardinops sagax Afrika Selatan) yang berkumpul bersama-sama ketika mereka menghadapi ancaman di perairain Agulhas Bank di Afrika Selatan pada periode Mei sampai Juli, saat ini bahkan kawanan ikan yang berkerumun membentuk bola juga disebut “sardine run”. Pescador Island di Moalboal merupakan tempat yang paling pas untuk melihat kawanan ikan yang membentuk bola tersebut. “Sardine run” berkurang sejak gempa bumi melanda pulau tersebut pada 2012, tapi untungnya mereka kembali terlihat sejak awal tahun lalu.
Memang, Moalboal sangat cocok dinamakan sebagai surga bawah laut; tempat itu menawarkan pengalaman menyelam kelas dunia, menyelam gratis dan snorkeling!

3

1 2

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s