Glamping Filipina

Glamping Filipina

Glamping adalah akronim dari dua kata yang tidak pernah bisa disatukan: glamor dan kamping. Glamping dilakukan di luar ruangan namun Anda masih bisa merasakan kenyamanan yang bisa Anda dapatkan dari sebuah hotel. Jika Anda penasaran, Anda bisa mengetahuinya dengan mencoba langsung glamping di Sumilon, sebuah pulau di pantai tenggara Kota Oslob, Cebu di Filipina.

Pulau ini bisa menjadi tempat yang sempurna untuk berisitirahat setelah melakukan perjalanan backpacking ketika Anda sudah mencoba hostel, mengelilingi pulau dan ingin berepot-repot berkemah.

Jalan termudah dan tercepat menuju Sumilon adalah dengan melakukan penerbangan ke Dumaguete. Meski Sumilon hampir sama dengan Dumaguete, pulau ini adalah salah satu keindahan yang masih tersembunyi di Cebu.  Anda bisa memilih untuk tinggal satu atau dua hari di beberapa lokasi wisata di Dumaguete dan mungkin satu hari di Siquijor dan hari selanjutnya di Pulau Apo.

Ketika Anda siap, berangkatlah ke pelabuhan Sibulan di Dumaguete, dan setelah menaiki kendaraan selama 20 menit, Anda akan tiba di pelabuhan Lilo-an di Santander, Cebu. Bancogon, lokasi tercepat menuju Sumilon, bisa ditempuh menggunakan bus atau becak. Dari tempat ini, paket sudah mencakup perjalanan Anda dari dan menuju pulau firdaus tersebut.
Konon, nama Sumilon ini diambil dari nama tempat yang digunakan para nelayan untuk berlindung dari badai, sumilong, yang memiliki arti “berlindung”. Pada 1974 lokasi tersebut berfungsi sebagai tempat penangkaran ikan dan diklaim sebagai kawasan perlindungan laut pertama di negara tersebut. Sekarang, Sumilon sangat dikenal karena hamparan pasir putihnya yang indah, kumpulan air yang biru jernih, dan tempat-tempat menyelam yang membuat kita takjub (para penyelam akan menemukan berbagai spesies laut dan jika beruntung dapat melihat langsung hiu sirip hitam).
Meski semua orang bisa pergi ke pergi ke kawasan berpasir dan berenang, melakukan glamping akan membutuhkan kenyamanan glamor yang modern. Untungnya, Bluewater Sumilon Island Resort, resort eksklusif dan satu-satunya di pulau tersebut kini menawarkan paket glamping yang sangat terjangkau, sehingga memungkinkan para pelancong untuk bisa menikmati keindahan dan kenyamanan di pulau tersebut lebih lama.
Hal yang paling menakjubkan tentang glamping adalah Anda tidak perlu khawatir lagi soal tenda, sleeping bag atau barang-barang lainnya, memasak makanan dan berkemas. Yang perlu Anda bawa hanyalah pakaian dan keperluan pribadi, barang yang selalu Anda bawa bahkan ketika Anda tinggal di sebuah hotel. Anda hanya perlu berangkat dan semuanya akan diurus untuk Anda.
Di pulau Sumilon ini Anda akan mendapatkan privasi yang tidak tertandingi dari tempat lain ketika Anda bermain-main dengan pasir putih yang lembut sambil memandangi laut yang sangat bening. Di sini, Anda juga bisa snorkeling, berenang, berpiknik, atau mungkin hanya berjemur. Anda bisa menyelam, jika Anda menyukainya. Atau kegiatan yang tidak perlu banyak mengeluarkan tenaga, Anda bisa berendam di kolam renang Bluewater Sumilon, menikmati relaksasi seperti pijat, dan menikmati minuman di sebuah payag-payag (pondok).

Paviliun depan di resor tersebut memiliki sebuah perpustakaan kecil sehingga Anda juga bisa membaca sebuah buku setelah mencoba permainan tradisional, congklak. Selain itu, yang juga termasuk dalam paket perjalanan tersebut adalah menikmati masakan segar, inovatif yang lezat, belum lagi minuman dan camilan yang disediakan di meja pendingin (cooler bar tables) di dalam tenda glamping Anda. Pada malam harinya, seorang asisten kamping akan menyalakan api unggun untuk Anda. Dan ajaibnya bahkan ada wi-fi gratis!
Laguna alaminya tepat untuk Anda yang suka kayaking. (Karla Rey)Laguna alaminya tepat untuk Anda yang suka kayaking. (Karla Rey)
Jika Anda ingin sedikit lebih aktif, Anda bisa mengitari pulau tersebut, lebih asyik di pagi hari: menyusuri gua, menikmati keindahan flora dan fauna dan akhirnya menemukan jalan menuju mercusuar.

Untuk keamanan dan kenyamanan, jalurnya ditandai dan sebagian besar jalanannya sudah diaspal sehingga tidak perlu membawa peralatan hiking khusus. Pada sore harinya, Anda bisa menaiki kayak mengitari laguna alami yang dilindungi hutan bakau. Dan tentu saja, Anda dapat selalu berjalan-jalan dan menikmati pemandangan senja ketika matahari tenggelam dan menutup hari dengan sangat indah.

5 0 1 2 3 4

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s